Kamis, 05 Januari 2012

Fear & Phobia


Fear & Phobia
Kenali Rasa Takut Yang Kalian Miliki

Setiap manusia terlahir dengan membawa rasa takuy yang dimilikinya. Hal ini udah merupakan kodrat yang diberikan oleh Tuhan YME dan wajib kita syukuri. Why? Karena dengan mengenal rasa takut maka kalian bakal lebih berhati-hati dalam ngelakuin berbagai tindakan. Bohong banget kalo seseorang mengatakan dirinya tidak takut terhadap segala hal karena jauh dilubuk hatinya pasti tersimpan sesuatu yang bisa ngebikin dirinya takut. Dijamin Choyy !!!!
About Fear . . .
Apa seeh sebenarnya rasa takut alias fear itu?  Rasa takut merupakan sebuah feeling yang tidak enak sewaktu merasakan bahaya ; baik dalam berbentuk nyata ato cumin khayalan seseorang aja. Inilah salah satu emosi dasar yang dimiliki manusia. Selain itu rasa takut juga dapat didekskripsikan sebagai ketidaksukaan yang ekstrim buangeth terhadap kondisi, orang, objek, ato situsi tertentu. Contoh paling lazim ialah rasa takut akan gelap dimana hampir semua orang di seluruh dunia menginap penyakit ini. Pasalnya ketika dalam kegelapan khayalan manusia langsung tertuju pada berbagai hal negative yang justru akan memperbesar ketakutan kita, misalnya membayangkan kalo didekatmu muncul sosok makhluk halus ato binatang buas. Padahal belum tentu semoa itu terjadikan. Namun memiliki rasa takut merupakan hal yang wajar karena dengna begitu manusia akan lebih hati-hati dalam bertindak.

Penyebab timbulnya rasa takut emang berbeda dan belum bisa diungkapkan secara mendetail oleh manusia. Hebatnya, rasa takut emang berbeda dan belum bisa mencapai tingkatan yang paling ekstrim yaitu cultural artifact alias dipengaruhi oleh waktu Misalnya pada abad ke-19 penduduk di Negara British dihinggapi rasa takut terhadap kematian akibat jatuh miskin serta ditangisi oleh sanak-keluarganya. Namun memasukiabad ke-20 muncul rasa takut terbaru yaitu terkubur hidup-hidup. Hal ini membuat berbagai kalangan berusaha mencegahnya dengan melakukan berbagai persiapan seperti membuat kaca pengamatan pada peti mati. Ato bahkan memasang pipa dan bel kecil, sehingga jika seseorang terkubur hidup-hidup dia masih bisa bernafas lalu membunyikan bel untuk mendapat pertolongan. Guiilee bener!
“ Fear Leads to anger. Anger leads to hate. Hate leads to suffering “

Dengan kecanggihan ilmu pengetahuan, sekarang ini kita bisa mengetahui kenapa seseorang bisa mengenali rasa takut. Misalnya dengan mengenali serta menghadapi apa yang ditakuti olehnya. Pasalnya rasa takut yang berlebihan menyebabkan seseorang mengalami masalah social ato ngelakuin tindakan yang irrasional dan merugikan diri sendiri
Contoh: orang yang takut akan gelap biasanya akan panic ketika berada dalam situasi itu dan mungkin bakalan berlari tanpa ngeliat jalan. Syukur kalo dia selamat, tetapi kalo dia tersandung batu lalu terjatuh kaan bisa berabe!!

About Phobia
Banyak yang berpendapat kalo phobia dan rasa takut merupakan hal yang sama, tapi sebenernya cukup berbeda loh. Phobia ialah rasa takut yang berkelanjutan pada kondisi tertentu dan sangat sulit buat dihilangkan. Gejalan yang ditimbulin oleh penyakit ini ialah munculnya dorongan yang sangat kuat dan tidak beralasan untuk menghindari subjek yang dia takuti. Sebagian kalangan hanya akan menghindari subjek yang ia benci namun sebagian bakal menderita panic attack beserta semua kelainan yang menyertainya. Menurut dunia medis dikatakan kalo phobia adalah salah satu bentuk anxiety disorder, dan seseorang dapat mengembangkan phobia terhadap segala macam hal.
Berdasarkan peneliutian yang dilakukan oleh National Institute of Mental Health (NIMH) tercatat bahwa sekitar 8,7% sampai dengan 18,1% penduduk Amerika mengidap phobia. Sebagai tambahan, disebutkan kalo penyakit mental ini menjadi hal umum terjadi di klalangan wanita, semantara bagi kaum pria phobia biasanya cumin menimpa orang yang berusia 25 tahun keatas. Banyak psikologis dan psikiatris menggolongkan phobia kedalam 3 kategori yaitu : social phobia-rasa takut yang melibatkan orang  laen ataupun situasi social;specific phobia-rasa takut akibat hal tertentu; dan agoraphobia-rasa takut untuk ninggalin rumah atau tempat laen yang dianggap sebagai “safe zone” bagi seseorang. Menurut info yang tertera dalam Dianostic and statistical Manual of Mental Disorders, Fourth Edition(DSM-IV) dikatakan kalo semua jenis phobia merupakan pengembanangan dari rasa takut yang dihidap semua orang.
Tetapi diantara ketiga kategori yang disebutkan diatas cumin agoraphopia yang dianggap sebagai penyakit dan memerlukan perawatan medis untuk menyembuhkannya. Hingga kini manusia belum bisa mengetahui dengan jelas penyebab terjadinya phobia. Namun teori yang beredar menyatakan kalo keturunan, genetic plus kinerja otak, bersatu dengan pengalaman traumatis-lah yang jadi penyebabnya.
Ada beberapa metode yang biasanya digunakan oleh para para therapist untuk mengobati phobia. Salah satunya adalah dengan memakai virtual reality atau imagery exercise untuk mengurangi kepekaan seseorang terhadap hal yang ditakuti olehnya. Metode lainnya yang lazim digunakan adalah Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dimana sang pasien diajari untuk memahami siklus pikiran negative dan cara merubahnya. Kedua metode ini diterima dengan baik oleh pasien sehinggamereka rela ngejalanin prosedur yang tidak nyaman ato ngikutin terapi itu dalam waktu yang cukup lama. Biasanya proses ini desertai pemberian obat anti-depression atau anti-anxiety seperty benzodiazepline.

Macam-macam Phobia
1.      Psychological Condition
Acrophobia
Rasa takut terhadap ketinggian
Hydrophobia
Rasa takut terhadap air atau tenggelam
Astraphobia
Rasa takut terhadap petir
Claustrophobia
Rasa takut terhadap ruangan tertutup
Glossophobia
Rasa takut untuk berbicara di depan publik
Necrophobia
Rasa takut terhadap kematian
Pyrophobia
Rasa takut terhadap api

2.      Zoophobia
Arachnophobia
Rasa takut terhadap laba-laba
Chiroptophobia
Rasa takut terhadap kelelawar
Insectophobia
Rasa takut terhadap terhadap serangga
Herpetophobia
Rasa takut terhadap binatang reptil
Ophidiophobia
Rasa takut terhadap ular

3.      Specific
Gerontophobia
Rasa takut akan penuaan atau benci terhadap orang yang sudah tua
Ephebbiphobia
Rasa takut atau kebencian terhadap remaja
Heterophobia
Rasa takut atau kebencian terhadap kaun heterosexsual
Homophobia
Rasa takut atau kebencian terhadap kaum homosexsual
Transphobia
Rasa takut atau kebencian terhadap kaum transexsual
 


Ituu tadii seputar phobia, semoga dengan ini kita lebih mengetahui apa itu fear & phobia.
Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar